Berita Kesehatan

Sering Dicari Ibu Setelah Melahirkan Bayi, Ternyata ini Manfaat Sidat

ilustrasi manfaat daging ikan sidat untuk ibu dan bayi
ilustrasi manfaat daging ikan sidat untuk ibu dan bayi

CILACAP.INFO – Sidat (ilmiah: Anguilla spp), jika dilihat bentuknya memang unik, sebab seperti belut tapi menyerupai ikan lele itu karena Sidat memiliki sirip dan juga ekor yang digunakan untuk berenang.

Menurut Kementerian Kelautan dan Perikanan (KPP) Sidat hidupnya mendiami beberapa perairan, seperti pada perairan yang tawar, estuari, dan laut.

Di alam seperti Sungai, Ikan Sidat lebih suka mendiami lubang bebatuan yang mana airnya mengalir melalui lubang persembunyiannya itu.

Ikan satu ini juga diekspor ke luar negeri seperti ke Jepang dan Korea Selatan karena manfaat dan gizi yang terkandung dalam dagingnya.

Kendati bisa dikonsumsi, namun ada larangan untuk menangkap Ikan Sidat Berukuran Besar seperti jenis Sidat Marmorata dengan berat di atas 5 kilogram dan Anguilla Bicolor di atas 2 kilogram disejumlah wilayah di Indonesia salah satunya di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Oleh Sebabnya di sejumlah tempat / Sungai Besar di Cilacap seperti Serayu dan Citanduy terdapat papan peringatan larangan penangkapan Ikan Sidat.

Sementara terkait banyaknya ibu-ibu setelah melahirkan mencari-cari Ikan Sidat untuk dikonsumsi ternyata ini dia loh manfaatnya bagi sang Ibu dan si Bayinya:

1. Mempercepat Penyembuhan Luka setelah menjalani Operasi Sesar

2. Dapat Meningkatkan Kecerdasan karena gizi yang terkadung pada daging ikan Sidat setara dengan ikan Salmon yakni mengandung omega-3 DHA dan EPA. Untuk Bayi juga bagus karena dapat meningkatkan perkembangan otak.

3. Ada Vitamin A yang dapat Menjaga Kesehatan Mata

4. Dapat Mengurangi Risiko Kanker, Diabates dan Penyakit Jantung

Sedangkan dikutip dari berbagai sumber, pada 100 gram daging ikan sidat terkandung : Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin A, Vitamin C, Zinc, Protein, Karbohidrat, Omega-3 dan Kalsium.

Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait