Pemkab Cilacap Bolehkan Hajatan, Namun dengan Protokol Kesehatan

oleh

CILACAP.INFO – Tren hajatan khususnya resepsi pernikahan di indonesia memang bukan fenomena baru, namun demikian pasca pandemi covid-19, resepsi yang sifatnya mendatangkan kerumunan tidak boleh dilaksanakan. Begitu juga di Cilacap Jawa Tengah (Jateng), namun kini, Pemerintah Kabupaten Cilacap telah mengizinkan acara terkait hal itu.

Dihimpun dari laman Cilacapkab.go.id, Acara hajatan boleh dilakukan dengan tetap memberlakukan protokol kesehatan secara ketat. Hal itu dicontohkan oleh pemkab Cilacap dengan menggelar simulasi hajatan. Kegiatan itu dilaksanakan di Desa Karangkemiri Kecamatan Maos pada Senin (03/08/2020).

Baca Juga :   PT SBI Jalin Kerjasama dengan Pemkab Cilacap Dalam Pengelolaan Sampah

Dalam simulasi itu juga tidak luput dari perhatian, yakni aspek tentang kesehatan. Mulai dari penyambutan tamu, jarak duduk dan lingkup dapur. Tak lupa para tamu serta pelayan juga dianjurkan untuk membersihkan tangan menggunakan sabun.

Dalam kesempatan itu, Bupati Cilacap, H Tatto Suwarto Pamuji mengatakan, bahwa agar masyarakat memperhatikan protokol kesehatan. Ia juga menerangkan terkait pelarangan event seperti hajatan yang sebelumnya sempat tidak diijinkan. Bahwa pegiat seni dan event organizer kehilangan mata pencahariannya.

Maka dari itu, pihaknya kini membolehkan hajatan dengan tetap mengindahkan prosedur kesehatan. “Jangan sampai di Kabupaten ini (Cilacap), yang bersiap menuju New Normal, malah ada penambahan kasus baru Covid-19.” Katanya.